Semiotika Penanda dan Petanda

Assalamualikum semuanya

Disini saya akan bercerita tentang  semiotika Penanda dan Petanda yang pernah saya alami dalam kehidupan sehari-hari, di rumah maupun di luar rumah,sebelumnya semiotika ada pelajaran atau disiplin ilmu tentang dengan metode menganalisis atau mengkaji tanda-tanda yang ada, berikut adalah penanda dan petanda yang saya alami.

-Penanda kalau saya berbicara kepada  orang tua apabila mereka tidak mendengarkan apa yang kita berbicarakan atau hanya diam saja tanpa berbicara satu kata pun itu merupakan petanda bahwa orang tua saya tidak tertarik kepada pembicaraan saya dan tidak setuju dengan pembicaraan saya.

-Penanda kalau ibu saya melakukan sikap tolak pinggang di depan saya berarti merupakan petanda bahwa ibu saya sedang siap-siap akan memarahi saya.

-Penada apabila ada seseorang dengan memiringkan hpnya merupakan petanda mereka sedang menonton atau bermain game.

-Penanda apabila seseorang memegang gelas atau mengambil gelas dari rak merupakan petanda orang itu haus dan ingin minum.

-Penanda apabila adik saya menghindar atau menjauhi saya merupakan petanda bahwa adik saya sedang marah kepada saya sehingga dia menghidar dari saya dan menjauhi saya.

-Penanda apabila adik mendekati saya merupakan petanda bahwa adik saya meminta sesuatu kepada saya.

Demikian pengalaman semiotika penanda dan petanda yang saya alami dalam kehidupan sehari-hari saya, terimakasih seudah membaca sampai habis sampai ketemu lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis lukisan “Kakak dan Adik” karya Basuki Abdullah

"Menganalisis Semiotika Pada Lukisan Ibuku (1941) Karya Affandi "

Kajian literatur menggunakan 5 jurnal podcast atau siaran.